Perkembangan dan Kemajuan Teknoligi

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun sejak indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada waktu itu masyarakat diperkenalkan pada persenjataan modern baik yang ringan maupun yang berat. Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa kendaraan tempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi tersebut berasal dari negara-negara di Eropa. Kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat di indonesia.

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Misal seperti sekarang, di Universitas Muhammadiyah Malang memberikaan PATI pada setiap mahasiswa baru di setiap tahunnya. Pada saat pelatihan, mahasiswa diajarkan begitu banyak hal baru, baik untuk sebagai mahasiswa ataupun umum. Dan ternyata memang tidak semua sudah mengetahui hal-hal tentang teknologi. Banyak yang baru mengetahunya. Mungkin pada awalnya kan terasa membosankan, tapi jika dijalani dengan senang hati dan ikhlas pasti seru kok. Karena akan bermanfaat untuk kita baik sebagai mahasiswa/i ataupun bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *