Sosiologi

Diartikan sebagai ilmu mengenai masyarakat sosial, sosiologi mencakup beragam topik mulai dari pengembangan institusi hingga dengan interpretasi sikap-sikap kebudayaan. Analisis sosial banyak dihasilkan oleh para filsuf hebat seperti Plato.

Kata sosiologi pertama kali digunakan untuk menjabarkan ilmu mengenai masyarakat pada tahun 1780 oleh akademisi Prancis Emmanuel Joseph Steynes, dan berasal dari kata Latin “socius” yang berarti teman. Saat ini, sosiologi sudah menjadi subjek yang dipelajari secara luas dan merupakan sebuah disiplin ilmu yang berdiri sendiri, dengan serangkaian subjek lainnya seperti hukum, sastra, sejarah, dan filsafat.

Kenapa saya mengambil Jurusan Sosiologi? Karna mungkin menurut saya Sosiologi itu salah satu cara supaya saya bisa lebih berbaur dengan masyarakat atau orang lain. Banyak yang memandang sebelah mata Jurusan Sosiologi. Padahal jika kita lihat, Sosiologi tidak semudah yang kita bayangkan loh. Banyak teori-teori dan Praktek yang tidak mudak dilakukan dengan orang lain, dan juga banyak pengalaman dan pengertiannya tentang kehidupan yang nyata.

Sebenarnya itu tergantung pada diri kita sendiri sih, namun bagiku pribadi Sosiologi itu sangat menarik. Banyak hal dan nila-nilai sosial yang akn di dapan saat masih menjadi mahaiswa ataupun sudah lulus nanti. Untuk prospek ketrja? Bnayak pualang kerja lulusan Sosiologi. Karena pada zaman sekarang, jurusan kerja dengan pekerjaan terkadang tidk disambung sambungkan. Jadi prospek kerja untul lulusan sosiologi sendiri cukup banyak kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *